KEGIATAN FOGGING FOKUS PUSKESMAS BADE DISTRIK EDERA SIKLUS II KABUPATEN MAPPI

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang sering menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) / wabah.Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan virus dengue yang tersebar luas disebagian besar wilayah Indonesia, sehingga penularannya dapat terjadi disemua tempat / wilayah.

Jika diketahui adanya penderita DBD, maka sesegera mungkin ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelidikan Epidemiologi (PE) dan penanggulangan Fokus, sehingga kemungkinan penyebarluasan DBD dapat dibatasi dan KLB dapat dicegah.

Penanggulangan Fogging Fokus adalah kegiatan penyemprotan insektisida dalam rangka pemberantasan nyamuk penular DBD yang dilaksanakan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue.

Berdasarkan adanya laporan satu kasus DBD yang diperoleh dari Puskesmas Bade, maka pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi melakukan FOGGING FOKUS DBD dan ABATESASI dipenampungan air bersih dikawasan daerah sekitar tempat tinggal penderita dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *